Cara Pembuatan Lontong Yang Tebaru 2013

Posted by Unknown on Wednesday, February 6, 2013




Lontong biasa digunakan sebagai pengganti nasi putih. Bahkan, banyak menu bisa dipadukan dengan lontong bila Anda ingin menyantapnya.
 
Membuat lontong, banyak orang mungkin memilih membeli jadi di pasar tradisional yang menjualnya dalam bungkus daun pisang juga ketupat. Namun, demi menjamin kesehatan keluarga, membuatnya sendiri tentu lebih bijak. Prosesnya cukup mudah, seperti terangkum langkah-langkahnya berikut ini:
 
1. Siapkan daun pisang batu yang tidak terlalu tua. Bersihkan daun pisang hingga bersih dan kering dan potong-potong berukuran 30 x 20 cm.
2. Cuci bersih beras pulen (seperti rojolele, pandan wangi, mentik spesial) dan rendam dalam air dingin selama 1 jam. Jika suka, tambahkan sedikit air kapur sirih. Tiriskan.
3. Siapkan lidi untuk menyemat.
4. Gulung 2 lembar daun pisang dengan bagian hijau menghadap ke dalam sehingga menyerupai silinder (supaya lontong berwarna hijau). Semat salah satu ujungnya dengan lidi.
5. Isi lontong atau gulungan daun pisang dengan beras hingga sekitar 1/2 dari tinggi gulungan, lalu semat ujung yang lain dengan lidi.
6. Susun lontong di dalam panci tinggi dengan posisi berdiri.
7. Tuangkan air hingga lontong terendam. Bisa ditambahkan potongan daun pandan dalam air rebusan.
8. Masak dengan api sedang selama 2 jam. Jika air berkurang, tambahkan air panas. Masak terus sampai lontong padat dan kenyal.
9. Angkat lontong, tiriskan dalam posisi berdiri, dan angin-anginkan hingga dingin. 
Posted by: Sikamaru Suzuran
Kumpulan Berita Terkini, Updated at: 3:32 PM

Title Post: Cara Pembuatan Lontong Yang Tebaru 2013
Rating: 100% based on 2665 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di Kumpulan Berita Terkini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment